ANALISIS
TUGAS
Tipe
kekhususan : Anak Tunagrahita
Ringan
Aspek : Berbelanja
kebutuhan sehari-hari
Sub
Aspek :
1.
Berbelanja beras
2.
Berbelanja sayuran
3.
Berbelanja ikan
4.
Berbelanja buah-buahan
5.
Berbelanja susu
Langkah-langkah Berbelanja sayuran :
1. Menyiapkan
uang
2. Membuat
daftar sayuran yang akan dibeli
a. Membeli
bayam
b. Membeli
kacang panjang
c. Membeli
kentang
3. Pergi
ke Pasar
4. Masuk
ke dalam Pasar dan menuju ke tempat penjualan sayuran
5. Memilih
sayuran sesuai daftar
a. Cara
memilih bayam
Memilih bayam yang
memiliki ciri-ciri:
ü Daun
berwarna segar, untuk daun hijau berwarna hijau segar belum menguning
ü Tulang daun
masih tampak jelas
ü Batang daun
mudah dipatahkan ( tidak liat )
ü Daun sehat
dan utuh, tidak ada bercak.
b. Memilih
kacang panjang
Memilih kacang panjang
yang memiliki ciri-ciri:
ü Warna kacang
polong hijau tua
ü Tidak
berlubang atau berbintik di bagaian badannya.
ü Batas antar
biji polos belum terlihat jelas
ü Mudah
dipatahkan, tidak liat dan tidak berlendir
c. Memilih
kentang
Memilih kentang yang
memiliki ciri-ciri:
ü Umbi tidak
berlubang, tidak lunak atau berair
ü Kulit umbi
tidak bergores
ü Umbi tidak
berulat dan tidak berbintik
ü Untuk
kentang, pilih yang tidak berlekuk tau yang masih mulus
6. Menimbang
sayuran
7. Membungkus
sayuran yang dibeli
8. Memasukkan
kedalam tas keranjang
9. Membayar
sayuran yang dibeli
10. Keluar
dari Pasar / pulang ke rumah
ANALISIS TUGAS
Tipe kekhususan : Anak Tunagrahita
Keterampilan
yang diajarkan : Memakai
seragam
sekolah
Kegiatan
pokok/besar : Persiapan Berangkat Sekolah
Sub kegiatan : a. Mandi
b. Memakai
seragam
sekolah
c. Menyiapkan
peralatan
sekolah
d. Sarapan
e. Memakai sepatu
Langkah-langkah memakai seragam sekolah:
1.
Mengambil
seragam
sekolah
Mengambil
baju
sekolah, celana
sekolah, dan
ikat
pinggang
2.
Mengambil
baju
sekolah
dan
memakainya
a.
Membuka
baju
dari
lipatan
b.
Memasukkan
tangan
kelubang
tangan
dari
tangan
kanan
lalu
tangan
kiri
c.
Mengancingkan
kancing
baju
dari paling atassatu per
satu hingga kebawah
d.
Merapikan
krah
baju
3.
Mengambil
celana
sekolah
dan
memakainya
a.
Membuka
celana
dari
lipatan
b.
Memasukkan
kaki kelubang kaki dari kaki kananlalu kaki kiri
c.
Menarik
celana
keatas
d.
Mengancingkan
kancing
celana
e.
Menarik
ristliting
celana
keatas
4.
Mengambil
ikat
pinggang
dan
memakainya
a.
Masukkan
salah
satu
ujung
ikat
pinggang
kelubang
celana
bagian
depan
b.
Menarik
ujung
ikat
pinggang
kelubang
sebelahnya, dan
seterusnya
hingga
ikat
pinggang
memutar
kembali
kedepan
c.
Mengancingkan
ikat
pinggang
pada
lubang
ikat
pinggang yang sesuai
ANALISIS TUGAS
Tipe kekhususan : Anak Tunagrahita
Aspek
: Persiapan Berangkat Sekolah
Sub Aspek :
Memakai Sepatu Bertali
Langkah-langkah :
1. Mengambil
sepatu dari rak sepatu
2. Duduk
di kursi
3. Mengambil
kaos kaki
4. Membedakan
antara kaos kaki sebelah kanan dan sebelah kiri
5. Memakai
kaos kaki
a. Membuka
kaos kaki
b. Memasukkan
kaki
c. Menarik
kaos kaki sesuai bentuk kaki dan panjang kaos kaki
6. Memakai
sepatu, pertama-tama sepatu sebelah
kanan dilanjutkan sebelah kiri
7. Mengikat
sepatu
a
Tipe kekhususan : Tunagrahita Ringan
Ketrampilan : Memakai Seragam Sekolah
Kegiatan : a. bagun tidur
b. mandi
c. memakai seragam
d. memakai sabuk
e. memakai sepatu
Sub
Aspek Memakai Seragam:
a. Melakukan
perintah tahapan pertama yaitu perintah satu tahap, mengambil pakaian didalam
almari.
b. Melakukan
perintah tahapan kedua yaitu perintah dua tahap, mengambil baju dan memakai
baju secara runtut.
c. Melakukan
perintah tahapan ketiga yaitu perintah tiga tahap, mengambil baju dan celana
serta memakai celana atau rok dengan benar
d. Melakukan
intruksi secara kompleks.
Tujuan
:
a. Meningkatkan
kemandirian anak.
b. Meningkatkan
konsentrasi pada anak tunagrahita.
c. Anak
mampu melakukan instruksi sederhana.
d. Anak
mampu melakukan bina diri.
e. Meningkatkan
ingatan anak tunagrahita yang memiliki hambatan dalam kemampuan ingatannya atau
kapasitas intelegensinya.
f. Meningkatkan
vokasional anak tunagrahita.
Sub
Kegiatan
Melakukan
intruksi secara kompleks.
a. Anak
diajarkan serta diberikan contoh mengambil pakaian atau seragam mana yang akan
dipakai.
b. Anak
diajarkan bagaimana cara membuka kancing baju satu persatu agar baju tetap
rapi.
c. Tahapan
selajutnya anak diajarkan memakai baju yang benar agar tidak terbalik antara
depan dan belakang dimulai dari tangan kanan kemudan tangan kirinya.
d. Setelah
baju terpakai anak diajarkan merapikan krah baju sebelum memmasukkan kancing
baju.
e. Tahapan
selanjutnya yaitu memasukkan kancing baju yang benar dimulai dari bagian paling
atas sendiri agar pas antara kanan dan kiri.
f. Setelah
seleai mengancingkan baju kemudian dilanjutkan dengan memakai celana, yaitu
mengambil celana yang akan dipakai.
g. Membuka
sleting celana.
h. Memasukkan
celana dimulai dari kaki kanan terlebih dahulu kemudian kaki kiri, tetapi nank
diajarkan agar celana tidak terbalik antara depan dan belakang.
i.
Celana dinaikkan keatas
sampai pinggang kemudian baju bagian bawah dimasukkan ke dalam celana.
j.
Tahap selanjutnya yaitu
anak diajarkan menaikkan ret sleting kemudian mengaitkan kancing celana dengan
benar.
k. Kegiatan
tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan teratur, secara perlahan-lahan
anak dibantu dengan pengawasan dan evaluasi. Setelah berkelanjutan kemudian
anak hanya diawasi dari kejauhan untuk melakukan kegiatan tersebut.
Analisis
Tugas
Kekhususan :
Anak Tunarungu
Keterampilan : Merias
Wajah
Tujuan :
1. Untuk
pembelajaran vokasional anak tunarungu.
2. Untuk
dirinya sendiri dalam mempercantik diri dengan merias.
3. Sebagai
ketrampilan pendamping untuk keterampilan menari, sehingga anak tunarungu yang
menekuni keterampila menari dapat merias dirinya sendiri.
Kegiatan
Pokok/ Aspek :
1.
Membersihkan
wajah
2.
Memakai
pelembab
wajah
dan alas bedak
3.
Memakai
bedak
4.
Merias
bagian
mata
5.
Memakai
pemerah
bibir
6.
Memakai
lipstik
Sub Aspek: Merias bagian mata
1. Memakai
pensil alis
2. Memakai eyeshadow
3. Memakai eyeliner
4. Memakai maskara
Langkah-Langkah: Memakai
eyeshadow
1. Pilihlah warna sesuai dengan warna baju yang akan
dipakai.
Dalam untuk mengajarkan kepada anak tuna rungu diajarkan terlebih dahulu
perpaduan warna yang tepat.
2. Poleskan
warna dasar pada seluruh permukaan kelopak mata. Dimulai didekat hidung
kemudian menjauh dari hidung.
3. Poleskan eyeshadow dengan warna yang lebih
gelap
pada
kelopak
mata
bagian
bawah.
Dimulai didekat hidung kemudian menjauh dari hidung. Perlu diperhatikan
ketebalan atau warna dari seluruh sisi agar tidak terjadi perbedaan terang dan
gelapnya.
4. Poleskan eyeshadow yang lebih
terang
pada
kelopak
mata
bagian
atas.
Dimulai didekat hidung kemudian menjauh dari hidung. Perlu diperhatikan
ketebalan atau warna dari seluruh sisi agar tidak terjadi perbedaan terang dan
gelapnya
Analisis Tugas
Kekhususan :
Anak Tunarungu
Kegiatan Pokok/ Aspek :
1.
Menyiapkanalat
(kain, mesin jahit, mesinobras, gunting, meteran, Koran, jarum,
kapur)
2.
Mengukur
tubuh yang memesan jahitan
3.
Membuat
pola
4.
Menjahit
kain
dan
obras
kain yang telah
dibuat
baju
Sub
Aspek: Membuat
pola
1. Memilih
desain baju.
2. Membuat
pola dikoran yang disesuaikan dengan ukuran tubuh yang telah ditentukan
sebelumnya.
3. Membuat pola dibaju dengan bantuan pola yang telah
dibuat di koran
Langkah-Langkah: membuat
pola
dibaju
1. Menempelkan
pola koran di kain dengan menggunakan jarum agar tidak bergeser.
2. Menjiplak
pola dari koran kekain dengan menggunakan kapur.
3. Memotong
pola yang telah dijiplak di kain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar