1. Identitas Subjek
a.
Identitas
Anak
Berikut identitas lengkap anak
berkebutuhan khusus yang dijadikan fokus pengamatan dan identifikasi :
a. Nama
Anak :
b. Jenis
Kelamin :
c. Tempat,
tanggal lahir :
d. Agama :
e. Pendidikan :
f. Jenis
Kelainan :
g. Saat
terjadi kelainan :
h. Anak
Urutan Ke – :
b.
Identitas
Orangtua
Berikut identitas lengkap orang tua
dari anak berkebutuhan khusus yang dijadikan fokus pengamatan dan identifikasi
:
v Ayah
Nama :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :
v Ibu
Nama :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :
c.
Ciri
– Ciri Anak
Berikut beberapa ciri yang terlihat
dan melekat pada anak, antara lain :
v Ciri Fisik :
v Ciri Psikologis :
v Ciri Emosi :
v Ciri Sosial :
v Ciri Moral :
2.
Kemampuan
Sensomotorik yang dimiliki
a. Kemampuan sensoris
b. Kemampuan motorik kasar
c. Kemampuan motorik halus
d.
Koordinasi
Sensomotorik
3.
Diagnosis
Gangguan Sensomotorik
1)
Motorik
Halus
2)
Motorik
Kasar
·
Normal
/ punya ketuanaan :
·
Kesulitan
dalam bergerak :
·
Koordinasi
motorik :
·
Pernah
kecelakaan fisik :
·
Syaraf
lemah :
·
Gangguan
tidur :
·
Saluran
pernafasan :
·
Bisa
berjalan usia :
2.
Perkembangan
Bicara dan Bahasa Anak.
·
Bicara
kata pertama pada usia :
·
Bicara
lengkap pada usia :
·
Kesuliatan
dalam berbahasa :
·
Kemampuan
berbicara ekspresif :
·
Bahasa
yang digunakan sehari – hari :
3.
Perkembangan
Emosi Anak.
·
Problem
perilaku yang sering muncul :
·
Bagaimana
kondisi emosi anak :
·
Hubungan
anak dengan teman :
·
Latar
belakang keluarga :
·
Prestasi
akademik anak :
·
Kemampuan
kognitif anak :
·
Secara
emosional terlalu terikat :
4.
Perkembangan
Sosial Anak.
·
Apakah
anak suka bertindak diluar kewajaran :
·
Apakah
anak suka menyendiri :
·
Apakah
anak sering kebingunan :
·
Apakah
anak bisa berteman dengan baik :
·
Bagaimana
anak dalam menaati aturan sosial :
5.
Kepribadian
Anak.
·
Sering
melakukan pelanggaran :
·
Anak
bisa duduk dengan tenang :
·
Apakah
anak sering menampakkan rasa cemas :
·
Bagaimana
anak dalanm mengendalikan kemarahan:
·
Apakah
perilaku anak agresif :
·
Apakah
anak menentang secara berlebihan :
·
Bagaimana
kontak sosial anak :
·
Perhatian
anak mudah terganggu atau tidak :
·
Kondisi
anak ( ceroboh, kotor, tidak rapi ) :
·
Apakah
anak tidak tanggap terhadap rangsangan:
6.
Konsentrasi
Anak Selama di Sekolah.
·
Perhatian
mudah terganggu :
·
Kelemahan
perhatian :
·
Kelemahan
dalam menggunakan indera :
·
Kurang
percaya diri :
·
Apakah
anak sering lupa melakukan aktivitas sehari – hari :
7.
Kemampuan
Bidang Akademik Anak.
8.
Kemampuan
Bekerja dan Berkarya Anak.
9.
Riwayat
Kelahiran Anak.
·
Perkembangan
masa kelahiran :
·
Penyakit
pada masa kehamilan :
·
Usia
kandungan :
·
Riwayat
proses kelahiran :
·
Tempat
kelahiran :
·
Penolong
Proses Kelahiran :
·
Gangguan
pada saat bayi lahir :
·
Berat
badan bayi :
·
Panjang
bayi :
·
Tanda
– tanda kelainan :
10.
Perkembangan
Masa Bayi.
·
Menyusui
hingga umur :
·
Minum
susu kaleng hingga umur :
·
Imunisasi
( lengkap/tidak ) :
·
Pemeriksaan
kesehatan ( rutin/tidak ):
·
Kualitas
makanan :
·
Kesulitan
makan ( ya/tidak )
11.
Perkembangan
Fisik Anak.
·
Berdiri
pada usia :
·
Berjalan
pada usia :
·
Bicara
dengan kalimat lengkap usia:
·
Kesulitan
gerak yang dialami :
·
Status
gizi balita :
·
Riwayat
kesehatan anak :
12.
Perkembangan
Sosial Anak.
·
Hubungan
dengan saudara :
·
Hubugan
dengan teman :
·
Hubungan
dengan orang tua :
·
Hobi :
·
Minat
Khusus :
13.
Perkembangan
Pendidikan Anak.
·
Masuk
sekolah usia :
·
Kesulitan
belajar yang dialami :
·
Pernah
tidak naik kelas :
·
Pelayanan
khusus yang pernah diterima oleh anak :
·
Prestasi
belajar yang dicapai :
14.
Toilet Training
· Dapat mengatur
buang air kecil pada umur :
· Dilatih dengan
cara :
· Dapat mengatur
buang air besar pada umur :
· Dilatih dengan
cara :
Yogyakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Orang Tua/ wali
(............................................
) ( .............................. )
NIP.
PROGRAM PENDIDIKAN
YANG DIINDIVIDUALKAN
(PPI)
Nama Murid : .............................. Nama Orangtua :
Tempat/tgl.lahir : ............................ Alamat :
Sekolah : ............................
Kelas : ............................ Telepon :
Tanggal
dimulai :.............................
1. Informasi dari Orangtua :
Komentar dan Rekomendasi :
2. Informasi dari Tim (TP3I) :
Komentar dan Rekomendasi :
3. Penampilan Akademik Fr. Perilaku
Sosial Anak pada
Awal Program
a. Akademik :
b. Perilaku Sosial :
4. Tim Penilai Program Pendidikan
Individual (TP3I)
Nama
|
Jabatan
|
Tanda tangan
|
Tanggal
|
5. Garis-garis Besar Program
Pendidikan Individual (GBPPI)
Tujuan
Umum
|
Tujuan Pembelajaran
Khusus
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Tanggal diselesaikan
|
Yogyakarta,
Guru Khusus
/ Reguler
(...................................)
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar