Jumat, 09 Maret 2012

PENELITIAN PENDIDIKAN

1.      Pengertian Penelitian
Zainal Arifin (2011 : 1) mengungkapkan “Istilah penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research (re = kembali, dan search = mencari). Dengan demikian, research berarti mencari kembali yang menunjukkan adanya proses berbentuk siklus bersusun dan berkesinambungan.”
Sementara Hillway dalam Zainal Arifin (2011 : 2) dalam bukunya Introduction to Research menjelaskan ‘penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap sesuatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.’

2.      Langkah-langkah atau alur penelitian
Gideon E. Nelson dalam Zainal Arifin (2011 : 11) ‘mengembangkan konsep metode ilmiah dengan empat langkah pokok, yaitu informasi awal, hipotesis, eksperimen, dan pengamatan, serta hipotesisi diterima atau ditolak.’
Sementara Jack R. Frankel dalam Zainal Arifin (2011 : 11) mengemukakan ‘lima langkah dalam metode ilmiah, yaitu identifikasi masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, memproyeksikan konsekuensi- konsekuensi, dan menguji hipotesis.’
McMillan dan Schumacher dalam Zainal Arifin (2011 : 12) mengungkapkan ‘langkah-langkah metode ilmiah sebagai berikut : (a) define a problem, (b) state the hypothesis to be tested, (c) collect and analyze data, and (d) interprete the results and draw conclusions about the problem.’
Zainal Arifin (2011 : 12) menerangkan tentang “pembagian tahapan penelitian menjadi tiga tahap, yaitu penyusunan desain penelitian, pelaksanaan penelitian, dan laporan penelitian. Setiap tahap diperinci lagi menjadi langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
Tahap pertama: Penyusunan Desain Penelitian
1.      Merumuskan Latar Belakang Masalah
2.      Merumuskan Masalah
3.      Melakukan Studi Pendahuluan
4.      Merumuskan Hipotesis
5.      Merumuskan Tujuan dan Manfaat Hasil Penelitian
6.      Menentukan Populasi dan Sampel
7.      Menyusun Instrumen Penelitian
8.      Menyusun Langkah-langkah Pengolahan Data
Tahap Kedua: Pelaksanaan Penelitian
9.      Mengumpulkan Data
10.  Mengolah Data
11.  Membahas Hasil Penelitian
12.  Merumuskan Simpulan, Implikasi, dan Saran
Tahap ketiga: Laporan Penelitian
13.   Menyusun Laporan Hasil Penelitian

3.      Cara memilih dan penetapan masalah penelitian atau sumber masalah penelitian
Zainal Arifin (2011 : 180) menjelaskan bahwa :
Dalam pemilihan dan penentuan masalah penelitian, ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan secara hati-hati, yaitu: (a) masalah penelitian harus yang bersifat teka-teki, unik, orisinil dan belum bisa dijawab dengan tegas, (b) dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya atau kalimat interogatif, (c) dirumuskan dalam konteks kebijakan pragmatis yang sedang aktual, sehingga pemecahannya menawarkan implikasi kebijakan yang relevan pula, (d)tersedia sumber informasi yang cukup, baik dalam bentuk manusia sumber (human resources) maupun yang bukan manusia sumber (nonhuman resources), sehingga memungkinkan pengumpulan data, (e) mempunyai manfaat yang besar, baik secara teoritis maupun praktis, (f) sesuai dengan kemampuan peneliti itu sendiri (terutama dalam penggunaan metode penelitian) dan bidang keahliannya, dan (g) memperhatikan biaya, waktu, alat dan tenaga penunjang lainnya.

Tidak ada komentar: