Selasa, 25 Oktober 2011

STUDI KOMPARASI

REPLIKASI LEMBAGA PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR GUGUS I KECAMATAN MOYUDAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Komparatif


 
Disusun oleh:
Nama                    :           Nur Indah Dilla M




JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011
TABEL PERBANDINGAN SEKOLAH DASAR
GUGUS I KECAMATAN MOYUDAN


No
Nama SD
Rombel
Guru
Rata UN

Akreditasi
Jumlah Siswa
Jumlah Kelas
PNS
Sertifikasi
S1
1
SD N NGIJON I
(SD Inti)
133
6
9
7
5
19,48
A
2
SD N NGIJON II
(SD Imbas)
109
6
10
4
5
22,62
B
3
SD N NGIJON III
(SD Imbas)
74
6
10
6
7
21,62
B
4
SD N MALANGAN
(SD Imbas)
134
6
8
4
8
20,40
B
5
SD N SUMBERAGUNG
(SD Imbas)
81
6
11
5
9
23,21
B
6
SD MUH. NGIJON I
(SD Imbas)
312
12
17
6
12
23,55
A


ANALISIS
Dalam UU No. 20 Tahun 2003 yang dimaksud dengan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembaikan adalah ngkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Menurut Undang-Undang No 14/2005 tentang Guru dan Dosen, menyebutkan Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain itu, disebutkan pula bahwa seorang guru wajib memiliki antara lain:
a.       Memiliki kualifikasi akademik
Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program S1 atau D4.
b.      Memiliki kompetensi, antara lain:
1.      Kompetensi Pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
2.      Kompetensi Kepribadian, yaitu kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia
3.      Kompetensi Profesional, yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi.
4.      Kompetensi Sosial, yaitu kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
c.       Memiliki sertifikat pendidik
Sertifikasi Pendidik diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi yang ditunjuk oleh Pemerintah. Pemerintah dan Pemda wajib menyediakan anggaran utk peningkatan kualifikasi akademik & sertfikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemda, dan masyarakat.
Hasil komparasi pada Gugus I Kecamatan Moyudan yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 September 2011 yang terdiri dari enam Sekolah Dasar (SD) antara lain:
1.      SD N NGIJON I


Jumlah
Nilai
Guru S1
5
15
Guru Sertifikasi
7
15
Rerata NEM
19,48
10
Rombel
6
15
Akreditasi
A
20
Nilai Total
75


2.      SD N NGIJON II


Jumlah
Nilai
Guru S1
5
15
Guru Sertifikasi
4
10
Rerata NEM
22,62
10
Rombel
6
10
Akreditasi
B
10
Nilai Total
55


3.      SD N NGIJON III


Jumlah
Nilai
Guru S1
7
15 
Guru Sertifikasi
6
12
Rerata NEM
21,62
13
Rombel
6
10
Akreditasi
B
10
Nilai Total
60




4.      SD N MALANGAN


Jumlah
Nilai
Guru S1
8
20 
Guru Sertifikasi
4
8
Rerata NEM
20,40
10
Rombel
6
10
Akreditasi
B
10
Nilai Total
58


5.      SD N SUMBERAGUNG


Jumlah
Nilai
Guru S1
9
18  
Guru Sertifikasi
5
15
Rerata NEM
23,21
15
Rombel
6
10
Akreditasi
B
10
Nilai Total
68


6.      SD MUH. NGIJON I


Jumlah
Nilai
Guru S1
12
15 
Guru Sertifikasi
6
20
Rerata NEM
23,55
 20
Rombel
12
20
Akreditasi
A
20
Nilai Total
95






Dari hasil komparasi Sekolah Dasar yang termasuk dalam Gugus I Kecamatan Moyudan dapat disimpulkan:

No
Nama Sekolah
Total Nilai
Rangking
1
SD MUH. NGIJON I
95
1
2
SD N NGIJON I
75
2
3
SD N SUMBERAGUNG
68
3
4
SD N NGIJON III
60
4
5
SD N MALANGAN
58
5
6
SD NGIJON II
55
6


Berdasarkan hasil diatas dapat kita ketahui bahwa ranking SD-SD di gugus I kecamatan Moyudan sebagai berikut:
1.      SD MUH. NGIJON I
2.      SD N NGIJON I
3.      SD N SUMBERAGUNG,
4.      SD N NGIJON III
5.      SD N MALANGAN
6.      SD NGIJON II.

SD Ngijon I yang notabene SD inti kalah dengan SD Muh. Ngijon I yang merupakan SD imbas. Hal tersebut membuktikan bahwa SD inti tidak selamanya unggul. 

Tidak ada komentar: